Bakmi Nyemek at Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

Central Java Getaway 2019 #2 – Jejamuran, The Victoria Hotel Yogyakarta, dan Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

Setelah puas menikmati pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi kabut dan awan di Ketep Pass, kami lanjut berkendara ke arah selatan menuju Yogyakarta.

Jejamuran

Sekitar 30 km dari Ketep Pass, kami melipir ke Jejamuran untuk makan siang. Jejamuran merupakan rumah makan yang menyajikan semua masakannya dengan berbahan dasar jamur. Unik khan??

Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an, jadi ga heran ketika kami sampai di sana sangat ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan makanan serba jamur legendaris ini. Tapi jangan khawatir, karena di sini terdapat lebih dari 100 meja makan, kalian tidak akan terlalu lama menunggu meja kosong dan penyajian makanannya juga cukup cepat.

  • Rendang Jamur – 20k
  • Foe Yung Hay – 22k
  • Martabak Jamur – 16k
  • Nasi Putih – 6k
  • Summer Breeze – 17k

Kalau masalah rasa, ga perlu ditanya deh. Udah dirintis dari tahun 90-an sudah pasti rasanya enak. Saya aja yang ga suka jamur, waktu makan di sini berasa jamur enak banget. Rendang jamurnya mantep. 😋

The Victoria Hotel Yogyakarta

Nah, dari Jejamuran ke hotel sudah dekat nih, hanya sekitar 10 km lagi. Kami istirahat terlebih dahulu di hotel setelah perjalanan panjang 6-7 jam dari Salatiga ke Yogyakarta. Kami menginap di The Victoria Hotel Yogyakarta, letaknya ada di belakang Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Hotel ini ada di dalam komplek perumahan Victoria Residence.

Hotel ini letaknya sekitar 15 – 20 menit dari alun-alun Yogyakarta. Agak jauh dari pusat kota, karena kebetulan kami berlibur di akhir tahun dan baru mencari hotel di akhir November, jadi yaa sedapatnya saja. 🙈 Tapi daerahnya ga sepi kok, mungkin karena ada Plaza Ambarrukmo di jalan utamanya yang bisa dibilang mall mewah di Yogyakarta.

Hotel ini sepertinya sudah lumayan lama dibangun, tapi masih terlihat modern. Untuk kamar superiornya saja bisa dibilang lebih luas daripada ukuran kamar superior di hotel-hotel lain. Di hotel ini juga terdapat fasilitas kolam renang outdoor di dekat restaurant dan ada coffee shop di sebelah lobby.

Menu sarapan pagi di sini juga sangat lengkap, mulai dari appetizer seperti gorengan, potato wedges, spaghetti dan cereal, ada juga beberapa menu untuk makanan utama dan egg corner, ada juga beberapa dessert dan jajanan pasar khas Indonesia. Minumannya juga lengkap dari air mineral, kopi, susu, teh, jus, dan ada minuman tradisional Secang yang disajikan dingin. Overall kami nyaman menginap di sini.

Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

Sore menjelang malam, kami memutuskan mencari kuliner bakmi yang enak di sekitaran alun-alun Yogyakarta. Kalau kalian ke alun-alun utara, Bakmi Pak Pele ini letaknya ada di bagian tenggara alun-alun tersebut, dia ada di ujung jalan.

  • Bakmi Nyemek – 22k
  • Nasi Goreng – 22k
  • Es Teh – 3k

Untuk menunya hanya ada Bakmi, Nasi Goreng, Magelangan dan beberapa macam minum. Harga makanannya semua sama 22 ribu. Bakminya bisa goreng, godhog atau nyemek. Kalau Magelangan itu nasi goreng yang dicampur dengan mie. Setiap pesanan, nanti bakal dikasih satu mangkok acar dan satu mangkok cabe rawit. Satu mangkok cabe rawit?? Iyah satu mangkok, tapi ga penuh sih, tapi beneran banyak. Kalau kalian doyan makan cabe rawit, kalian bahagia di sini. 🤣 Ohh iyah, satu porsi tuh rasanya ga cukup, saya bungkus lagi nasi goreng buat di hotel. 😝

Baca juga :

Regards,
Andreas Dharmawan
Instagram : @andreasds90

Leave a comment