Taman Pelangi

Central Java Getaway 2019 #3 – Taman Pelangi, Taman Batu Watu Amben, dan Hutan Pinus Pengger

Tempat wisata di Yogyakarta tidak melulu ada di Malioboro dan sekitarnya. Ada sebuah tempat wisata unik di pinggir kota Yogyakarta yang cocok di datangi pada saat malam hari bersama keluarga maupun pasangan, yaitu Taman Pelangi.

Taman Pelangi

Taman Pelangi berada sekitar 7 km dari Malioboro, tepatnya ada di Ring Road Utara Yogyakarta. Kita bisa kesini menggunakan bus Trans Jogja turun di Halte Ring Road Utara Monjali 1, dari situ tinggal jalan sekitar 100 m ke Taman Pelangi yang berada di dalam area Monumen Jogja Kembali.

Di taman ini, kita bisa melihat lampion-lampion yang sudah ditata dalam beberapa tema yang hampir memenuhi seluruh area ini. Buat kalian yg gemar selfie, kalian bisa dapet banyak stok foto buat di post di IG. 😝

Selain pemandangan lampion-lampion, di sini juga ada beberapa tempat bermain untuk anak-anak dan juga ada beberapa food stall yang menjual beberapa macam makanan.

Entrance Fee : IDR 20k / orang

Parking Fee : Motorcycle – IDR 2k

Taman Batu Watu Amben

Besok harinya kami menjelajahi kawasan hutan pinus di sebelah tenggara kota Yogyakarta. Dari hotel, kami mengambil jalan ke arah Wonosari. Ketika sampai di Pusat Informasi Pariwisata Gunungkidul, kami belok kanan ke arah Dlingo. Di tengah perjalanan menuju hutan pinus, kami berhenti sejenak di Taman Batu Watu Amben.

Taman Batu Watu Amben ini bukan tempat yang kami rencanakan untuk didatangi. Ketika kami lewat di depannya, sepertinya ini tempat menarik untuk foto-foto, jadi kami putar balik untuk singgah sebentar. Di sini kami istirahat sejenak sambil mengambil beberapa foto karena memang tempatnya juga tidak terlalu besar. Di sebelahnya ada beberapa warung jika kita ingin makan atau sekedar minum kopi dengan pemandangan lembah di sekitar kota Yogyakarta ini.

Entrance Fee : Free

Parking Fee : Free

Hutan Pinus Pengger

Tidak jauh dari Taman Batu Watu Amben, kami sampai di Hutan Pinus Pengger, jaraknya sekitar 2 km dari Watu Amben atau 22 km dari kota Yogyakarta. Walaupun tempat ini jauh dari kota, tapi jalannya sudah bagus bahkan bus juga bisa parkir di sini.

Suasana di sini enak banget, cuacanya sejuk karena berada di dataran tinggi dan dikelilingi banyak pohon pinus. Sepertinya malam hari ke sini juga bisa jadi pilihan menarik, karena dari sini bisa melihat gemerlap lampu-lampu kota Yogyakarta.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, di sini juga banyak spot-spot foto Instagramable. Ada beberapa karya-karya seniman dari bahan-bahan ranting pohon yang dibentuk menjadi sebuah objek untuk berfoto selfie. Gantian ya fotonya. 😛 Kalau kami sih ga ikutan foto dari deket, males ngantrinya, foto dari jauh aja. 🤭

Kita juga bisa melakukan beberapa kegiatan alam di sini dengan dikenakan biaya tambahan, seperti flying fox, sewa hammock, dan lain-lain. Di area wisata ini juga terdapat beberapa warung yang menyajikan beberapa macam makanan dan minuman untuk mengisi perut kita sesudah lelah beraktifitas maupun berfoto-foto di sini.

Entrance Fee : IDR 3k / orang

Parking Fee : Motorcycle – IDR 2k

Baca juga :

Regards,
Andreas Dharmawan
Instagram : @andreasds90

Leave a comment